Soal
Ujian Nasional kimia yang akan kami diskusikan disini yaitu soal Ujian Nasioanl
tahun 2016 yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dengan 5 materi
yaitu kimia dasar, kimia organik, kimia anorganik, kimia fisik, dan kimia
analitik. Dari 40 soal yang ada, ditemukan dua soal yang membuat siswa
mengalami miskonsepsi (kesalahan konsep), yang artinya memberikan makna
ganda atau salah penafsiran.
Berikut ini dua soal UN kimia 2016 yang miskonsepsi:
1.
Pada soal dibawah ini, siswa diminta menentukan larutan
elektrolit kuat, lemah dan non elektrolit dari tabel pengamatan. Keterangan
pada nomor 5 pada kolom lampu dituliskan menyala. Dalam hal ini, keterangan “menyala”,
mengakibatkan miskonsepsi pada siswa karena kata – kaat “redup” juga merupakan
kondisi lampu saat menyala. Kata – kata “menyala” tidak tepat dalam menentukan larutan apakah termasuk
larutan elektrolit kuat atau elektrolit lemah. Untuk lebih tepatnya dapat ditulis
keterangan “menyala terang” atau “menyala redup” atau bisa
juga ditulis “terang” atau “redup” sehingga tidak terjadi miskonsepsi pada
siswa dalam penentuan larutan elektrolit kuat dan lemah.

2. Pada soal di bawah ini terdapat miskonsepsi pada simbol lewis.
Sebaiknya dalam penulisan simbol lewis dibedakan simbol untuk atom yang berbeda
misal dengan simbol titik dan silang sehingga tidak terjadi miskonsepsi pada
penentuan elektron valensi suatu atom.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar