Rabu, 12 April 2017

MISKONSEPSI PADA SOAL UJIAN NASIONAL KIMIA 2016



Soal Ujian Nasional kimia yang akan kami diskusikan disini yaitu soal Ujian Nasioanl tahun 2016 yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dengan 5 materi yaitu kimia dasar, kimia organik, kimia anorganik, kimia fisik, dan kimia analitik. Dari 40 soal yang ada, ditemukan dua soal yang membuat siswa mengalami miskonsepsi (kesalahan konsep), yang artinya memberikan makna ganda atau salah penafsiran. 

Berikut ini dua soal UN kimia 2016 yang miskonsepsi:
1.      Pada soal dibawah ini, siswa diminta menentukan larutan elektrolit kuat, lemah dan non elektrolit dari tabel pengamatan. Keterangan pada nomor 5 pada kolom lampu dituliskan menyala. Dalam hal ini, keterangan “menyala”, mengakibatkan miskonsepsi pada siswa karena kata – kaat “redup” juga merupakan kondisi lampu saat menyala. Kata – kata “menyala” tidak  tepat dalam menentukan larutan apakah termasuk larutan elektrolit kuat atau elektrolit lemah. Untuk lebih tepatnya dapat ditulis keterangan “menyala terang” atau “menyala redup” atau bisa juga ditulis “terang” atau “redup” sehingga tidak terjadi miskonsepsi pada siswa dalam penentuan larutan elektrolit kuat dan lemah.

Description: D:\kimia 1.png


2.    Pada soal di bawah ini terdapat miskonsepsi pada simbol lewis. Sebaiknya dalam penulisan simbol lewis dibedakan simbol untuk atom yang berbeda misal dengan simbol titik dan silang sehingga tidak terjadi miskonsepsi pada penentuan elektron valensi suatu atom.

 Description: D:\kimia 2.png






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar